Mahfud MD: Gotong Royong dan Saling Bantu adalah Budaya Indonesia!

Terkini.id, Jakarta – Indonesia adalah negara yang didukung masyarakat dengan budaya gotong royong dan saling membantu. Sehingga, saat terjadi bencana banyak pihak yang turun untuk membantu.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD saat menyalurkan bantuan tahap awal senilai Rp 4,4 miliar dari grup Astra bagi korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat 17 Desember 2021.

Menurut Mahfud, budaya Indonesia terlihat dalam hal gotong royong dan saling bantu seperti yang dilakukan berbagai pihak menanggapi bencana alam Gunung Semeru, baik dari swasta maupun pemerintah sendiri. Sehingga, menurutnya, hal itu juga patut diapresiasi.

Seperti diketahui, grup Astra melalui ‘Nurani Astra’ membantu korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dengan menyalurkan bantuan tahap awal senilai lebih Rp 4,4 miliar.

Selain Mahfud, turut dalam penyerahan bantuan di antaranya Bupati Kabupaten Lumajang Thoriqul Haq, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Head of Security Division Astra Muslich, dan Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) grup Astra Malang Lindung Karuniawan.

“Indonesia adalah negara yang didukung masyarakat dengan budaya gotong royong dan saling membantu. Sehingga saat terjadi bencana, banyak pihak yang turun untuk membantu. Seperti hari ini, bencana alam Gunung Semeru yang ditanggapi dengan baik pihak swasta seperti Astra,” demikian diungkapkan Mahfud dalam kata sambutannya.

Sementara itu, Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, tujuan pihaknya membantu korban erupsi Gunung Semeru dan pemerintah daerah (Pemda) adalah semata-mata mempercepat penanganan korban bencana.

“Kami berharap berbagai bantuan dari Nurani Astra dapat membantu meringankan beban masyarakat,” imbuh Djony.

Ia menambahkan, sebagai bagian dari bantuan tahap awal, berbagai bantuan berupa velbed, selimut, tandon air, pipa air, masker, tikar, peralatan mandi, perlengkapan kebutuhan kesehatan, tiga mobil ambulans, satu unit excavator PC78 serta tenaga medis telah disalurkan sebelumnya secara bertahap.

Djony juga mengatakan, pihaknya sekaligus telah membentuk dua posko siaga di Probolinggo dan Malang.

“Kami juga telah menyerahkan bantuan berupa buku kepada anak-anak pengungsi di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang,” katanya, disaksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto didampingi Ketua Korwil Grup Astra Malang Lindung Karuniawan.  

Djony mengungkapkan, berbagai bantuan tahap awal tersebut berasal dari PT Astra International Tbk, PT Astra Honda Motor, PT United Tractors Tbk, Sigap, Korwil Grup Astra Bogor, Semarang, Surabaya, Malang, Yayasan Amaliah Astra, dan komunitas Astra Runners.

“Semangat kami dalam membantu korban bencana alam erupsi Gunung Semeru sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia,” tutupnya.

Bagikan