Gubernur NTT Apresiasi Dua Daerah dengan Capaian Vaksinasi Tertinggi

Terkini.id, Kupang – Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (Pemda NTT) mengapresiasi dua daerah dengan capaian vaksinasi tertinggi, yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam kegiatan penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022 di Kota Kupang, Kamis 2 Desember 2021.

“Pemerintah NTT berterima kasih kepada Pemkot Kupang dan Pemkab Manggarai Barat yang mampu capai vaksinasi Covid-19 tertinggi,” katanya.

Baca Juga: Tak Ada Provinsi Luar Jawa-Bali Berstatus PPKM 3-4, Menko Airlangga:...

Viktor menjelaskan, capaian vaksinasi di Kota Kupang sudah menembus 85 persen dari 333.628 sasaran penerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama, sehingga menjadi daerah dengan capaian vaksinasi tertinggi di NTT.

Menurutnya, tingginya cakupan vaksinasi di ibu kota provinsi NTT itu berkat adanya sinergi dan kolaborasi berbagai pihak seperti TNI/Polri, kejaksaan, dan organisasi profesi.

Baca Juga: Keluarkan SE PPKM Level 2, Pemkot Kupang Beberkan Aturan yang...

“Dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan lembaga kepolisian dan TNI serta kejaksaan yang ikut membantu daerah ini dengan melakukan vaksinasi massal di NTT,” ujar Viktor.

Sementara itu, imbuh Viktor, capaian vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores juga tertinggi setelah Kota Kupang.

Ia menjelaskan, vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Manggarai Barat saat ini mencapai 76,5 persen dari 202 ribu sasaran vaksinasi.

Baca Juga: Satgas Ingatkan Patuhi Prokes, Ungkap Keterisian BOR Pasien Covid-19 Mulai...

“Tingginya capaian vaksinasi di dua daerah itu karena adanya kerja sama semua pihak di Manggarai Barat, baik TNI, Polri, kejaksaan, dan organisasi lainnya yang bergotong royong melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal,” beber Viktor.

Untuk itu, pihaknya berharap kabupaten lainnya di NTT yang memiliki cakupan vaksinasi terbilang rendah agar bisa mengikuti terobosan yang dilakukan dua daerah itu.

“Ini agar capaian vaksinasi Covid-19 mereka juga bisa meningkat,” imbau Viktor.

Sementara itu, ditemui terpisah di Kantor Wali Kota Kupang, Jumat 3 Desember 2021, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang Ernest Ludji mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang saat ini terus meningkat.

“Vaksinasi tahap satu atau dosis satu sudah mencapai 85,40 persen atau 284.907 penerima, sementara vaksinasi dosis dua 63,20 persen,” jelas Ernest.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi di Kota Kupang terus dilakukan sehingga terus menunjukkan peningkatan signifikan.

Ernest memaparkan, secara general rata-rata pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang sudah di atas 50 persen.

Adapun target vaksinasi di Kota Kupang adalah sebanyak 333.628 orang atau penerima.

“Untuk dosis satu sudah 85 persen lebih, sehingga diharapkan sampai akhir tahun ini bisa mencapai 90 persen,” imbuh Ernest.

Terkait vaksinasi tahap tiga atau dosis ketiga yang juga biasa disebut vaksin booster, ia menjelaskan hingga kini total penerima vaksin tahap tiga telah mencapai 3.027 atau 87,13 persen.

Bagikan