Intensifkan Vaksinasi dan 3T, Dinkes Kota Kupang Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Terkini.id, Kupang – Merebaknya Omicron meningkatkan kewaspadaan semua pihak, tidak terkecuali di Indonesia kendati virus corona varian baru tersebut belum terdeteksi di Tanah Air. Menanggapi kerentanan terjadinya penularan Covid-19 dalam masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kupang drg Retnowati mengimbau masyarakat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan menghindari berbagai potensi kerumunan.

Retnowati menyampaikan imbauan tersebut ketika dihubungi di Kota Kupang untuk mengetahui sejauh mana penanganan dan upaya pihaknya dalam meredam penularan Covid-19 yang telah melandai di ‘Kota Sasando’, demikian sebutan untuk wilayah Kupang pada Rabu 1 Desember 2021.

Kendati memaparkan kabar baik terkait melandainya kasus penularan di Kota Kupang, namun ia mengatakan masih adanya kasus aktif Covid-19 di Kota Kupang mengartikan jika semua pihak tidak boleh lengah.

Baca Juga: Tak Ada Provinsi Luar Jawa-Bali Berstatus PPKM 3-4, Menko Airlangga:...

Kasus aktif Covid-19 di Kota Kupang memang masih ada. Karena itu, kami mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menghindari kerumuman-kerumunan,” pesan Retnowati.

Ia menambahkan, untuk menekan bertambahnya kasus aktif Covid- 19 di Kota Kupang, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Satgas Penanganan Covid- 19 Kota Kupang akan terus menjalankan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment masif melalui berbagai fasilitas kesehatan (faskes) yang ada.

Baca Juga: Keluarkan SE PPKM Level 2, Pemkot Kupang Beberkan Aturan yang...

“Selain itu, kami masih terus memacu pelayanan vaksin. Saat ini, kami memaksimalkan vaksinasi bagi masyarakat Kota Kupang yang belum menerima vaksin kedua, sehingga imunitas mereka akan terbentuk secara maksimal,” imbuh Retnowati.

Sekadar diketahui, menurut data hasil monitoring Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang, hingga Sabtu 27 November 2021 pukul 15.00 Wita, kasus aktif Covid-19 di Kota Kupang bertambah lima kasus. Atas penambahan kasus tersebut, jumlah kasus aktif Covid-19 di Kota Kupang sebanyak 31 kasus.

Secara keseluruhan hingga Sabtu 27 November 2021, total kasus positif Covid-19 di Kota Kupang sudah mencapai 15.460 orang. Sementara itu, pasien yang masih dirawat sebanyak 31 orang atau terjadi kenaikan empat orang. Adapun pasien yang sudah sembuh sebanyak 15.096 orang dan terjadi kenaikan sebanyak satu orang.

Baca Juga: Satgas Ingatkan Patuhi Prokes, Ungkap Keterisian BOR Pasien Covid-19 Mulai...

Pasien yang meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 385 orang dengan rincian pasien meninggal yang terkonfirmasi sebanyak 333 orang, probable sebanyak 38 orang, dan suspek sebanyak 14 orang.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang Ernest Ludji saat dikonfirmasi di Kota Kupang, Minggu 28 November 2021, mengatakan masyarakat perlu waspada terhadap kasus Covid-19 di Kota Kupang yang beberapa hari terakhir terus bergerak naik.

Ernest menjelaskan, kendati belum ada kelurahan yang zona merah namun pemerintah mengimbau masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Bagikan