Warga Labuan Bajo Antusias Ikut Vaksin yang Digelar Polres Manggarai Barat

Terkini.id, Kupang – Guna mendukung progam percepatan vaksinasi yang diserukan pemerintah, berbagai institusi baik negeri maupun swasta melakukan gelaran vaksinasi di berbagai wilayah Tanah Air, termasuk di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebanyak 500 warga Labuan Bajo antusias mengikuti ‘Gerai Vaksinasi Presisi’ dari Polres Manggarai Barat, Sabtu 27 November 2021. Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat itu dilaksanakan di Mapolres Manggarai Barat.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto menjelaskan, kepolisian bekerja sama berbagai pihak telah melakukan vaksinasi sebanyak 10.676 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat Labuan Bajo.

Baca Juga: Tak Ada Provinsi Luar Jawa-Bali Berstatus PPKM 3-4, Menko Airlangga:...

“Ini kita lakukan demi mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 secara nasional. Dari 12.960 dosis vaksin yang menjadi tanggung jawab Polres Manggarai Barat, sudah 10.676 dosis yang dipakai dalam layanan vaksinasi dan tersisa 2.284 dosis,” imbuhnya.

Selain itu, sebut Felli Hermanto, untuk mempercepat serapan vaksinasi kepada masyarakat, Polres Manggarai Barat juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) dan stakeholder lainnya.

Baca Juga: Keluarkan SE PPKM Level 2, Pemkot Kupang Beberkan Aturan yang...

Selain itu, ia mengatakan Polres Manggarai Barat juga melakukan layanan vaksinasi hingga desa, sekolah, dan rumah-rumah ibadah guna mempercepat layanan vaksinasi.

“Kita kembali menyuntikkan 500 dosis vaksin Sinovac, baik dosis satu maupun dosis dua bagi warga Labuan Bajo,” beber Felli Hermanto.

Kegiatan itu sendiri serentak dilakukan jajaran Polri di seluruh daerah dengan target 2,3 juta vaksin. Para tenaga kesehatan (nakes) juga berupaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan memberi layanan vaksinasi secara maksimal.

Baca Juga: Satgas Ingatkan Patuhi Prokes, Ungkap Keterisian BOR Pasien Covid-19 Mulai...

“Sebagai daerah tujuan wisata yang telah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata superprioritas, Manggarai Barat harus dijamin kondisi kesehatan wilayahnya. Ini agar memberi rasa aman dan nyaman bagi wisatawan,” papar Felli Hermanto.

Untuk itu, ia berharap masyarakat harus memiliki kesadaran untuk menerima vaksinasi Covid-19 agar percepatan vaksinasi tercapai dan kekebalan kelompok atau herd immunity dapat segera terealisasi.

Felli Hermanto juga berharap, masyarakat secara sadar bisa menerima layanan vaksinasi baik pada Gerai Vaksin Presisi Polri maupun pemerintah.

“Melalui vaksinasi Covid-19 yang kita berikan, masyarakat akan dimudahkan dalam beraktivitas baik menjelang Natal dan tahun baru (Nataru) maupun aktivitas lainnya,” katanya.

Sementara itu, Dewan Perwakilan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) DPRD Kabupaten Flores Timur (Flotim) bekerja sama Dinas Kesehatan (Dinkes) Flores Timur juga menggelar vaksinasi massal bagi warga di Flores Timur di Puskesmas Lambunga, Kecamatan Kelubagolit, Sabtu 27 November 2021.

“Vaksinasi ini merupakan vaksinasi massal kedua yang kita lakukan. Jadi, merupakan lanjutan dari tahap pertama yang sudah dilakukan pada bulan lalu,” terang Anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Flores Timur Yohanes Sili Rotok Bahy.

Koordinator Wilayah (Korwil) Vaksinasi Kecamatan Kelubagolit itu juga mengatakan, sasaran vaksinasi pihaknya kali ini sebanyak 1.300 peserta dan diprioritaskan pelajar yang berjumlah 700 orang, mulai SMP hingga SMA. Sementara, 600 lainnya untuk masyarkat umum.

“Pelaksanaannya sendiri berjalan baik, dan tentu sesuai SOP (standar operasional prosedur) yang ada, juga tetap melaksanakan protokol kesehatan,” jelasnya, Sabtu 27 November 2021.

Menurut Yohanes, vaksinasi gratis tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian PDIP terhadap kemaslahatan kesehatan masyarakat untuk menekan penularan wabah Covid-19.

Percepatan vaksinasi dari pihaknya, imbuhnya, juga sebagai upaya guna menciptakan herd immunity agar penyebaran Covid-19 bisa dihambat.

“Selain itu, vaksinasi yang kita lakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, khususnya pelajar, agar kegiatan belajar mengajar (KBM) bisa berjalan normal kembali,” ujar Yohanes.

Oleh karena itu, ia berharap apa yang dilakukan internal partainya secara mandiri, bisa memacu semua pemangku kepentingan untuk menggelar aksi yang sama.

“Tentunya, aksi ini untuk kepedulian akan kesehatan masyarakat Flores Timur. Sehingga, kita harus gotong royong membantu pemerintah berperang melawan Covid-19 untuk Flores Timur yang sehat,” imbuh Yohanes.

Bagikan