Dorong Percepatan Kekebalan Kelompok, TNI AL Lantamal VII Gencarkan Vaksinasi di NTT

Terkini.id, Kupang – Guna merealisasikan tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok agar masyarakat dapat terhindar dari penularan masif virus corona, TNI-Polri selaku institusi negara gencar melakukan vaksinasi Covid-19 seperti yang senantiasa diserukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kali ini, TNI melalui TNI Angkatan Laut (AL) melakukan program ‘serbuan vaksinasi Covid-19’ bagi masyarakat maritim di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ini adalah bentuk komitmen dan upaya TNI AL dalam mendorong dan menyukseskan program pemerintah dalam percepatan penanggulangan pandemi Covid-19. Terutama, pada lapisan masyarakat yang masih minim divaksin, khususnya di wilayah Kabupaten Ende,” terang Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama IG Kompiang Aribawa di Labuan Bajo, Kamis 25 November 2021.

Baca Juga: Tak Ada Provinsi Luar Jawa-Bali Berstatus PPKM 3-4, Menko Airlangga:...

Pelaksanaan vaksinasi sendiri berlangsung pada Rabu-Kamis 24-25 November 2021, menggunakan KRI Teluk Banten-516 sebagai sarana angkut mendukung kegiatan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI AL Lantamal VII Kupang.

Dikomandani Letkol Laut (P) Joko Purwanto, layanan vaksinasi dilakukan di Geladak KRI Teluk Banten-516 yang bersandar di dermaga Pelabuhan Bung Karno, Ende.

Baca Juga: Keluarkan SE PPKM Level 2, Pemkot Kupang Beberkan Aturan yang...

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Lantamal VII Kupang Letkol Laut (K) M Haris Bennu menjelaskan, program vaksinasi dalam ‘serbuan vaksinasi Covid-19’ yang dilaksanakan TNI AL Lantamal VII merupakan bagian dari program vaksinasi maritim TNI AL yang menyasar Kabupaten Ende.

“Ini untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19 karena capaian vaksinasi yang masih rendah,” imbuhnya.

Adapun jenis vaksin yang diinjeksikan kepada masyarakat adalah vaksin Sinovac. Pada hari pertama, sebanyak 604 warga telah divaksin, terbagi menjadi 498 penerima dosis pertama dan 106 penerima dosis kedua.

Baca Juga: Satgas Ingatkan Patuhi Prokes, Ungkap Keterisian BOR Pasien Covid-19 Mulai...

Pada pelaksanaan vaksinasi, TNI Lantamal VII Kupang melibatkan tenaga kesehatan (nakes) dari Diskes Lantamal VII Kupang, RSAL Samuel J Moeda Kupang, Balai Kesehatan (BK) Lanal Maumere, dan Puskesmas Onekore Kota Ende.

Selain itu, kegiatan vaksinasi juga mengerahkan para Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lantamal VII serta Prajurit dari KRI Teluk Banten-516 guna menjaga ketertiban dan kelancaran implementasi vaksinasi.

Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga juga dalam kesempatan yang sama menambahkan, KRI Teluk Banten-516 telah melayani lima daerah di NTT untuk percepatan layanan vaksinasi Covid-19. Daerah tersebut di antaranya Kupang, Rote, Sabu, Sumba, dan Alor.

Dwi Yoga menjelaskan, total vaksin yang disiapkan TNI AL untuk masyarakat Ende sebanyak 2.500 dosis. Menurutnya, warga yang datang diarahkan secara berkelompok sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Atas kegiatan serbuan vaksinasi pihaknya, ia berharap upaya yang telah dilakukan TNI AL itu dapat membantu pemerintah untuk mempercepat capaian vaksinasi sehingga kekebalan kelompok bisa segera terwujud.

Kendati sudah divaksin, Dwi Yoga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna menghindari penularan Covid-19.

Sementara itu, dari pihak Polri melalui Polres Kupang Kota, juga mengelar serbuan vaksinasi Covid-19 di berbagai tempat di Kota Kupang, termasuk di pasar tradisional.

Pasar tradisional merupakan salah satu tempat yang rentan terjadinya transmisi Covid-19, sehingga menjadi salah satu fokus dalam kegiatan program ‘serbuan vaksinasi Covid-19’ tersebut. Selain itu, juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh para pedagang di tempat itu.

“Jadi hari ini adalah hari kedua, pada Rabu (24 November 2021) kemarin, kita juga sudah menggelar vaksinasi Covid-19 di Pasar Naikoten Kota Kupang,” ungkap Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya di Kota Kupang, Kamis 25 November 2021.

Hal ini disampaikan Satrya berkaitan dengan upaya dari Polres Kupang Kota dalam membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mempercepat capaian vaksinasi di ibu kota provinsi NTT ini.

“Di hari pertama, vaksinasi Covid-19 kita lakukan di Pasar Naikoten. Ada 112 orang yang menerima vaksin, dari jumlah itu didominasi para pedagang,” jelasnya.

Sementara untuk hari kedua, imbuh Satrya, yang juga dilakukan di lokasi yang sama pada Kamis 25 November 2021, jumlah orang yang divaksin mencapai 124 orang.

“Demikian juga pada hari kedua didominasi para pedagang di pasar tersebut,” katanya.

Satrya menambahkan, para pedagang di pasar tersebut selama ini memang tidak bisa meninggalkan barang dagangannya, sehingga saat ada vaksinasi di lokasi itu banyak yang berbondong-bondong mengikutinya.

“Saat ini, capaian vaksinasi di Kota Kupang memang sudah cukup tinggi khususnya untuk dosis pertama, yaitu hampir mendekati 85 persen dari total sasaran vaksinasi. Untuk capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua sekitar 60 persen,” paparnya.

Selain di pasar tradisional, pelaksanaan vaksinasi dari pihak Polri yang digelar Polres Kupang Kota juga di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Kupang.

“Terakhir, nanti pada Sabtu (27 November 2021) mendatang akan ada vaksinasi Covid-19 serentak di Polsek Alak,” imbuh Satrya.

Bagikan