Ini Peran Kesbangpol dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 di NTT

Terkini.id, Kupang – Rundungan pandemi Covid-19 yang telah mewabah hampir dua tahun lamanya, memang disikapi secara serius seluruh pemangku kepentingan dalam pemerintahan. Tidak hanya pemerintah, namun semua elemen bangsa turut bahu membahu mengupayakan berbagai cara agar penularan virus corona dapat tereliminir dari Tanah Air.

Hal itu dapat dilihat dari apa yang dilakukan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT). Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) NTT yang bersinergi dengan Satgas Covid-19, mereka bergerak dengan memberdayakan segala sumber yang ada demi memutuskan mata rantai penularan Covid-19.

Dalam lokakarya Bimas Buddha Kanwil Kemenag NTT bertajuk ‘Dialog Kerukunan Interen Umat Buddha dan Moderasi Beragama’ di Hotel Kristal, Jalan Timor Raya, Pasir Panjang, Kota Kupang, Sabtu 11 September 2021, Kasubid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Kesbangpol NTT Jannis H Dumalang, memaparkan upaya pihaknya dalam mengeradikasi Covid-19 di NTT.

Baca Juga: Ini Upaya Penyelenggara Bimas Buddha Kupang Bentengi Keluarga dari Destruksi...

Jannis yang didapuk sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut, menambahkan jika dalam upaya itu, selain menggandeng Satgas Covid-19 juga memberdayakan berbagai organisasi masyarakat (ormas) terutama dalam literasi terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes).

“Sebagai ‘telinga’ negara, Kesbangpol merasa perlu melibatkan berbagai pihak. Setiap hari, kami akan mendapat data dari Satgas Covid-19. Dari sana, kami akan melaporkan ke pusat sehingga dapat memetakan kondisi dan situasi regional,” jelasnya.

Baca Juga: Percepat Tercapainya Herd Immunity, Wali Kota Kupang Perintahkan Lurah-Camat Data...

Adapun keterkaitan ormas dalam kegiatan pihaknya dan Satgas Covid-19, menurut Jannis dianggap manunggal dan tak dapat dipisahkan satu sama.

“Pada masa pandemi Covid-19, diharapkan ormas sebagi pilar demokrasi bersama pemerintah dan swasta, bersinergi untuk bersama-sama menanggulangi pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya.

Selain itu, Jannis juga menyebut Kesbangpol berkoordinasi dengan semua komponen termasuk TNI-Polri dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya program vaksinasi.

Baca Juga: Belum Ada Vaksin yang Efikasinya 100 persen, Tetap Patuhi Prokes!

“Sejauh ini TNI-Polri sangat berkontribusi dalam mendistribusikan vaksin kepada masyarakat, khususnya di NTT. Kesbangpol sendiri mengapresiasi apa yang dilakukan mereka, juga kepada Satgas Covid-19 yang rutin setiap hari menginfokan data Covid-19 kepada kami,” katanya.

Jannis menambahkan, informasi yang diperoleh pihaknya dari laporan rutin Satgas Covid-19 sangat penting artinya bagi pemetaan kondisi terkini Covid-19 di suatu daerah.

“Seperti misalnya, baru-baru ini Bupati Kabupaten Kupang meminta agar pemerintah menurunkan status level PPKM mereka dari 4 ke 3, karena menurut mereka ada kesalahan input data. Dari situ, kami akan meneruskan ke pusat,” ungkapnya.

Berdasarkan data-data dari Satgas Covid-19 itu pula, selain sebagai bahan pemetaan kondisi terkini terkait Covid-19, Jannis menyebut berandil dalam pemenuhan informasi aktual yang nantinya bakal diliterasikan Kesbangpol kepada masyarakat dalam berbagai platform media.

“Melalui media-media, nantinya kami bisa menyampaikan imbauan-imbauan protokol kesehatan, vaksinasi, dan lain-lain,” tutupnya.

Bagikan