Kabar Baik, 37.430 Warga TTU Telah Divaksin Termasuk Booster untuk Nakes

Terkini.id, Kupang – Program sejuta vaksin sehari yang diimplementasikan pemerintah terus digulirkan ke berbagai daerah, termasuk di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), vaksinasi disambut antusias warga dari berbagai kalangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU Thomas Laka menjelaskan, sebanyak 37.430 warga TTU telah divaksin.

Menurut Thomas, jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Baca Juga: Ini Upaya Penyelenggara Bimas Buddha Kupang Bentengi Keluarga dari Destruksi...

Dalam keterangan resminya kepada wartawan di Kabupaten TTU, Rabu 1 Agustus 2021, ia menjelaskan jumlah 37.430 orang tersebut mencakup vaksinasi yang dilakukan bagi para tenaga kesehatan (nakes), sumber daya manusia (SDM) kesehatan, para lansia, pelayan publik, masyarakat umum, dan masyarakat rentan.

“Data dari 30 lokasi yang disiapkan menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten TTU telah dilayani sekitar 37.430 masyarakat,” ungkap Thomas.

Baca Juga: Percepat Tercapainya Herd Immunity, Wali Kota Kupang Perintahkan Lurah-Camat Data...

Menurutnya, data tersebut juga telah mengakomodir pelaksanaan vaksin booster bagi para nakes di Kabupaten TTU.

Hingga saat ini, sebut Thomas, sebanyak 941 tenaga kesehatan di TTU telah menerima vaksin booster Moderna.

Sebelumnya, pada Kamis 19 Agustus 2021 lalu, ia juga menjelaskan sebanyak 27.548 masyarakat di Kabupaten TTU telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua.

Baca Juga: Ini Peran Kesbangpol dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 di NTT

Dengan demikian, persentase pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten TTU meningkat menjadi 17,72 persen.

Thomas menambahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut merupakan kalkulasi dari total sasaran pihaknya, yaitu 155.456 orang.

“Dinas Kesehatan Kabupaten TTU sendiri sedang gencar melakukan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat pasca menerima alokasi 449 vial dari pemerintah pusat,” bebernya.

Selain itu, Thomas memaparkan pelaksanaan vaksinasi booster bagi para nakes di Kabupaten TTU telah dilaksanakan secara serentak pada beberapa Puskesmas.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah menerima alokasi vaksin booster Moderna sebanyak 124 vial beberapa waktu lalu.

“Sudah dialokasikan tiga vial atau untuk 45 orang ke Puskesmas Kaubele dan empat vial atau untuk 58 orang ke Puskesmas di Maubesi,” terang Thomas.

Sementara itu, untuk Puskesmas yang lain masih menunggu jadwal selanjutnya yang akan ditentukan pihaknya dalam waktu dekat.

Menurut Thomas, diperkirakan pelaksanaan vaksinasi booster untuk para nakes di Kabupaten TTU akan rampung pada September 2021 ini.

“Paling tidak pertengahan September 2021 ini,” imbuhnya.

Thomas mengatakan, vaksinasi bagi nakes tersebut terus digenjot pihaknya agar sebisa mungkin dapat terakomodir dalam waktu dekat. Hal tersebut dilakukan mengingat kondisi kasus Covid-19 saat ini masih terbilang cukup tinggi.

Ia mengaku, upaya menggenjot program vaksinasi Covid-19 merupakan target yang harus direalisasikan secepat mungkin di Kabupaten TTU.

“Karena ada sebagian masyarakat di beberapa lokasi, bahkan belum menerima vaksin dosis pertama,” imbuh Thomas.

Ia mengingatkan, masyarakat yang telah menerima suntikan vaksin, baik dosis pertama maupun kedua diharapkan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Bagikan