Implementasi Disiplin Prokes, Ini yang Dilakukan Polres Sumba Timur dalam PPKM Level 4

Terkini.id, Kupang – Implementasi penegakan terhadap disiplin protokol kesehatan atau prokes terus dilakukan berbagai pemangku kepentingan di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak terkecuali Polres Sumba Timur.

Seperti diketahui, Polres Sumba Timur sendiri telah gencar melakukan operasi penegakan protokol kesehatan selama penerapan PPKM Level 4. Berbagai operasi digelar baik bersama tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur maupun dalam operasi internal dari tim Polres Sumba Timur sendiri.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Kepala Kepolisian Resor Sumba Timur Komisaris Polisi (Kompol) Abdullah Paoh kepada wartawan di Sumba Timur, Jumat 3 September 2021.

Baca Juga: Ini Upaya Penyelenggara Bimas Buddha Kupang Bentengi Keluarga dari Destruksi...

Ia menjelaskan, operasi yang rutin dilakukan pihaknya adalah menyusur ke berbagai lokasi yang menjadi pusat keramaian seperti pasar tradisional, terminal, dan wilayah lainnya yang dianggap rawan kerumunan.

Kompol Abdullah menambhkan, operasi penegakan disiplin protokol kesehatan juga dilaksanakan secara rutin setiap hari. Selain operasi rutin, ia juga menempatkan petugas di Pos Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berada di Pasar Waingapu.

Baca Juga: Percepat Tercapainya Herd Immunity, Wali Kota Kupang Perintahkan Lurah-Camat Data...

“Kalau operasi, kita laksanakan setiap hari. Selain operasi, anggota juga kita tempatkan diPpos PPKM yang berada di Pasar Waingapu,” ungkapnya.

Kompol Abdullah menjelaskan, untuk Pos PPKM di Pasar Waingapu ia menempatkan empat anggota yang bertugas bersama anggota Kodim 1601 Sumba Timur, Satuan Polisi Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumba Timur, dan Dinas Perhubungan Sumba Timur.

Sementara itu, untuk kegiatan patroli gabungan bersama tim Satgas Covid-19, ia menugaskan enam personel setiap patrol.

Baca Juga: Ini Peran Kesbangpol dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 di NTT

“Untuk patroli Polres sebanyak 30 personel setiap patroli. Untuk patroli tim Polres dipimpin perwira senior Polres Sumba Timur,” papar Kompol Abdullah.

Ia menjelaskan, tim Satgas Covid-19 Sumba Timur sendiri juga membuat pos penyekatan di perbatasan dengan Kabupaten Sumba Tengah.

“Bagi warga yang akan masuk wilayah Kabupaten Sumba Timur wajib menunjukkan KTP, kartu vaksin, dan hasil rapid tes negatif. Kalau tidak ada (dokumen tersebut), ya kita pulangkan, tidak boleh masuk,” tegas Kompol Abdullah.

Ia juga menyebut, kendati saat ini Kabupaten Sumba Timur masih berstatus PPKM Level 4 akan tetapi angka kasus positif mulai menurun. Adapun PPKM Level 4 di Kabupaten Sumba Timur akan berlangsung hingga 6 September 2021.

“Kita bersyukur kasus mulai menurun. Kita harapkan masyarakat tetap menjaga dan mentaati protokol kesehatan dan mengikuti semua anjuran dan aturan PPKM Level 4 dari pemerintah,” imbuh Kompol Abdullah.

Bagikan