Upaya Eliminir Covid-19, Perbatasan Sumba Barat dan Sumba Barat Daya Diperketat

Terkini.id, Kupang – Masifnya penularan virus corona yang masih menjangkiti masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya Kabupaten Sumba Barat, direspons Satgas Covid-19 dengan memperketat pintu perbatasan Sumba Barat dan Sumba Barat Daya di Kilometer (KM) 6 ke arah barat Kota Waikabubak guna mengeliminir dan mencegah meluasnya penularan Covid-19 daerah itu.

Adapun di pintu perbatasan di wilayah timur, yaitu dengan Sumba Tengah. Mengingat Polres Sumba Barat juga membawahi wilayah Sumba Tengah, maka bersama tim gabungan Sumba Tengah melakukan penyekatan di pintu Sumba Tengah dan Sumba Timur yaitu di Langgaliru.

Kendati demikian, seperti yang diungkapkan Satgas Covid-19 Sumba Barat, jika perkembangan penularan Covid-19 terus bertambah maka tim Satgas Covid-19 Sumba Barat juga akan melakukan penyekatan di pintu perbatasan Sumba Barat dan Sumba Tengah di KM 8 ke arah timur kota Waikabubak, Sumba Barat.

Baca Juga: Ini Upaya Penyelenggara Bimas Buddha Kupang Bentengi Keluarga dari Destruksi...

Operasi penertiban di pintu perbatasan itu sendiri berlangsung sejak Rabu 11 Agustus 2021.

Satgas Covid-19 menjelaskan, setiap warga yang tidak mengantongi kartu vaksin minimal vaksin pertama atau tidak mengantongi surat keterangan dokter yang menerangkan pelaku perjalanan belum dapat menerima vaksin lantaran alasan medis tertentu, maka warga tersebut langsung diminta kembali atau tidak diperkenankan memasuki wilayah Sumba Barat.

Baca Juga: Percepat Tercapainya Herd Immunity, Wali Kota Kupang Perintahkan Lurah-Camat Data...

Selain itu, warga juga akan diperiksa Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sumba Barat dr Bonar Sinaga menyampaikan hal itu ketika dikonfirmasi wartawan di Waikabubak, Sumba Barat, Kamis 12 Agustus 2021.

Menurutnya langkah penyekatan di pintu perbatasan antar kabupaten tersebut demi mencegah meluasnya penularan Covid-19 di Sumba Barat.

Baca Juga: Ini Peran Kesbangpol dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 di NTT

“Dengan memperhatikan perkembangan penularan virus corona yang terus bertambah, maka Pemkab Sumba Barat melalui tim Satgas Covid-19 Sumba Barat memutuskan melakukan penyekatan di pintu masuk Sumba Barat-Sumba Barat Daya dan Sumba Barat-Sumba Tengah,” imbuh Bonar.

Kendati begitu, sebut Bonar, sementara ini Satgas Covid-19 melakukan penyekatan pintu perbatasan Sumba Barat dengan Sumba Barat Daya, yaitu di KM 6 arah barat Kota Waikabubak, Sumba Barat.

“Semua kebijakan itu kami lakukan demi mencegah bertambahnya penularan virus corona di Sumba Barat,” ungkapnya.

Bonar mengatakan, selain melakukan penyekatan pihaknya juga terus menegaskan kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Bagikan