Ini Urgensi Layanan Vaksinasi yang Dilakukan Lantamal VII Kupang

Terkini.id, Kupang – Program sejuta vaksinasi dalam sehari yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna menekan angka penularan Covid-19 dari percepatan terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok, saat ini memang tengah diimplementasikan tidak hanya pemangku kepentingan dalam pemerintah, namun juga berbagai elemen masyarakat.

Salah satunya adalah aksi nyata yang dilakukan Lantamal VII Kupang. Pasca diluncurkan pada Selasa 29 Juni 2021 lalu oleh Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana TNI IG Kompiang Aribawa, setiap hari tim Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim TNI AL terus digencarkan di berbagai lokasi.

Setelah menyasar masyarakat nelayan di Kelurahan Oeba, Kota Kupang pada Rabu 30 Juni 2021, tim kembali melakukan serbuan vaksin bagi anggota serikat pekerja yang bergerak di sektor maritim Pelabuhan Tenau Kupang.

Baca Juga: Tak Henti Berseru Prokes Harga Mati, Pemkot Kupang Akui 70...

Pelaksanan serbuan vaksinasi sendiri bertempat di Kantor Rajawali Putra Maritim (RPM) Transport, Jalan Yos Sudarso, Namosain, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat 2 Juli 2021.

Adapun sasaran vaksinasi hari ketiga tersebut meliputi para sopir truk kontainer, buruh bongkar dan muat barang, serta pegawai perusahan-perusahan sektor maritim. Dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi hari ketiga itu, jumlah yang divaksin sebanyak 179 orang dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Baca Juga: Greysia Polii Sudah Divaksin, Bukti Atensinya Terhadap Upaya Eradikasi Covid-19

Sementara itu, untuk vaksinator ada 10 orang. Dengan perincian empat orang dari personel Diskes Lantamal VII dan enam orang dari RSAL SMJ Kupang. Selama kegiatan, vaksinasi berjalan aman dan lancar serta tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Adapun kegiatan vaksinasi pada Sabtu 3 Juli 2021 dilaksanakan di Kantor Namsurya Citrasari Lines (NCL), Jalan Yos Sudarso, Alak, Kota Kupang.

“Kegiatan serbuan vaksinasi ini untuk membantu dan menyukseskan program pemerintah dalam program vaksinasi nasional guna menekan dan mencegah penyebaran wabah Covid-19,” ungkap Kadiskes Lantamal VII Letkol Laut M Haris Bennu.

Baca Juga: Lepas PPKM Level 4 Diperpanjang Setelah 2 Agustus, Kepatuhan Prokes...

Menurutnya, pihaknya fokus untuk membantu vaksinasi bagi masyarakat maritim termasuk para pekerja sektor maritim di Pelabuhan Tenau Kupang.

Haris juga menjelaskan, kegiatan serbuan vaksin tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang menginstruksikan agar segenap TNI AL terus menjalin soliditas dengan komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergi dalam kesemestaan.

“KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meminta seluruh anggota untuk menjadi contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau ‘the new normal’ di lingkungan TNI Angkatan Laut,” imbuhnya.

Selain itu, Haris juga mengimbau masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dengan mematuhi dan melaksanakan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Turut hadir dalam kegiatan, Aspotmar Danlantamal VII, Kadispotmar Lantamal VII, dan tim vaksinator Lantamal VII.

Bagikan