Vaksinasi Diklaim Bentuk Herd Immunity, Ini yang Dilakukan Komunal Keagamaan di Kupang

Terkini.id, Kupang – Vaksin yang digunakan pemerintah dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 nasional dipastikan aman. Vaksin yang telah diproduksi massal sudah melewati proses panjang dan memenuhi syarat utama, yaitu aman, ampuh, stabil, dan efisien dari segi biaya.

Di sisi lain, sebelum diproduksi pun vaksin Covid-19 harus melalui beberapa tahapan uji klinis yang benar dan menjunjung tinggi kaidah ilmu pengetahuan, sains, dan standardisasi kesehatan.

Penetapan vaksin yang digunakan pemerintah adalah yang terbukti aman dan lolos uji klinis. Selain itu, juga sudah mendapat izin penggunaan darurat emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga masuk dalam emergency use listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Baca Juga: Tak Henti Berseru Prokes Harga Mati, Pemkot Kupang Akui 70...

Dalam laman resmi pemerintah, Covid-19.go.id, yang dikutip Kupang.Terkini.id, jejaring Terkini.id pada Senin 14 Juni 2021, Satgas Penanganan Covid-19 senantiasa menggaungkan kesahihan dan keamanan vaksin.

“Jangan ragu untuk divaksin, karena manfaatnya lebih besar. Hilangkan rasa cemas dengan mencari tahu informasi resmi tentang vaksin COVID-19 di https://s.id/infovaksin,” demikian informasi yang ditulis.

Baca Juga: Greysia Polii Sudah Divaksin, Bukti Atensinya Terhadap Upaya Eradikasi Covid-19

Sebelumnya, di Kota Kupang, Minggu 13 Juni 2021, sebanyak 109 orang yang merupakan umat dari Paroki St Yoseph Naikoten Kota Kupang telah divaksin. Pemberian vaksin tersebut bertujuan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Kegiatan vaksinasi merupakan kerja sama antara Paroki Paroki St Yoseph Naikoten Kota Kupang dengan RS Carolus Borromeus Belo Kupang.

Pelaksanaan vaksin yang berlangsung di Pendopo Pastoran Paroki St Yoseph Naikoten pada hari yang sama ini, selama pelaksanaan vaksinasi memberlakukan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Pastor Paroki Pater Dagobertus Sota Ringgi dalam sambutannya, mengungkapkan apresiasinya yang mendalam kepada manajemen RS Carolus Boromeus yang mau membantu umat paroki St Yoseph guna mengeradikasi Covid-19, khususnya di internal komunal gereja.

Baca Juga: Lepas PPKM Level 4 Diperpanjang Setelah 2 Agustus, Kepatuhan Prokes...

“Semangat Santo Carolus Boromeus yang menjiwai pelayanan kasih di rumah sakit, semoga tetap setia melayani pasien dengan kasih yang tulus,” imbuhnya.

Adapun inisiatif dari rumah sakit guna memberangus Covid-19 dilakukan dengan bersinergi bersama Dinas Kesehatan Kota Kupang. Sementara itu, vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Paroki ini juga membantu mereka yang tidak bisa datang ke rumah sakit atau Puskesmas untuk divaksin pada hari kerja.

Sebelumnya, RS Carolus Borromeus juga mengadakan vaksinasi bagi umat di Paroki St Fransiskus Asisi Kolhua. Pelaksanaan vaksin yang dilaksanakan pada Minggu 13 Juni 2021 itu disambut antusias dari umat di paroki.

Menurut beberapa umat, pelaksanaan vaksin pada Minggu yang notabene merupakan hari libur, sangat membantu lantaran mereka bisa beristirahat setelah vaksin.

Bagikan