Urgensi Pengadaan Laboratorium PCR di Sumba Timur Guna Percepat Hasil Tes Pasien Covid-19

Terkini.id, Kupang – Guna mengetahui hasil tes pasien Covid-19 secara tepat, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumba Timur melakukan pengadaan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR). Hal tersebut disampaikan Bupati Sumba Timur Khristofel Praing saat meresmikan laboratorium PCR pada Senin 31 Mei 2021 lalu.

Urgensi pengadaan laboratorium PCR itu sendiri, seperti diungkap Khristofel dalam keterangan tertulisnya, Senin 7 Juni 2021, dimaksudkan untuk menghindari inefisiensi proses tes yang selama ini masih terjadi.

“Selama ini, selalu ada keterlambatan dalam memperoleh hasil tes PCR karena harus dikirim ke Kota Kupang. Namun, dengan adanya laboratorium ini, maka akan mempercepat hasil tes sehingga bisa mengetahui juga secara cepat kasus Covid-19,” paparnya.

Baca Juga: Vaksinasi Diklaim Bentuk Herd Immunity, Ini yang Dilakukan Komunal Keagamaan...

Informasi yang diperoleh dari Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur sendiri, Sabtu 5 Juni 2021 malam, sebanyak 1.341 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur telah sembuh. Hampir setiap hari ada pasien yang dinyatakan sembuh. Bahkan, pada yang sama pula ada lima pasien Covid-19 yang sudah sembuh.

Kelima pasien sembuh itu masing-masing berasal dari Kecamatan Kota Waingapu dua kasus dan Kecamatan Kambera tiga kasus. Pasien yang sembuh adalah pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga: Sinergi Pemkot dan Polres Kota Kupang Efektif Pantau Kepatuhan Prokes...

Dari hasil pemeriksaan Rapid Antigen terhadap 41 sampel, diperoleh hasil tiga sampel positif dan 38 sampel negatif. Penambahan tiga kasus positif pada Sabtu 5 Juni 2021, sebanyak tiga kasus terdiri dari Kecamatan Kota Waingapu dua kasus dan Kecamatan Pahunga Lodu satu kasus.

Total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur 1.466 kasus dengan rincian, 47 kasus meninggal dunia, 1.341 kasus dinyatakan sembuh, sementara 78 kasus masih dalam perawatan.

Jumlah sampel yang diambil untuk diperiksa secara PCR dan Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Rapid Antigen sebanyak 10.746 sampel. Dari jumlah itu, hasil laboratorium 8.500 sampel negatif dan 2.201 sampel terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Ini Urgensi Evaluasi Penanganan Perkembangan Kasus Covid-19 bagi Pemda

Satgas Covid-19 mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam setiap kegiatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak aman serta menjauhi kerumunan (3M).

Bagikan