Geger, Ada 14 UFO Kerumuni Kapal Perang Amerika Serikat

Terkini.id, Kupang – Benda terbang tak dikenal yang dalam bahasa Inggris disebut unidentified flying object (UFO), atau juga dikenal sebagai benda terbang aneh (BETA) adalah istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang yang tidak bisa diidentifikasi pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki.

Pada awal ketenarannya, istilah yang digunakan adalah “piring terbang” yang dalam bahasa Inggris disebut flying saucer. Istilah ini digunakan media berita di seluruh Amerika Serikat (AS) yang memberitakan penampakan UFO oleh Kenneth Arnold. Peristiwa tersebut terjadi pada 24 Juni 1947, ketika Arnold mengklaim melihat sembilan benda aneh dengan formasi bulan sabit saat melintasi Gunung Rainier di Washington.

Serupa yang dilihat Arnold puluhan tahun silam, sebuah video menampilkan benda terbang tidak dikenal yang diklaim UFO mengerumuni kapal perang Angkatan Laut AS membuat geger. Video tersebut dirilis seorang penggemar UFO di YouTube, Jeremy Corbell.

Baca Juga: Pentagon Resmi Rilis Video UFO, Klaim Manusia Mungkin Tak Sendiri...

Kepada NBC, Sabtu 30 Mei 2021, seorang pejabat Departemen Pertahanan AS membenarkan video tersebut.

“Benar, saya dapat mengonfirmasi video (penampakan UFO) yang dikirim kepada kami, yang diambil personel Angkatan Laut,” ungkap Juru Bicara Pentagon tersebut pasca video dipublikasikan pembuat film Jeremu Corbell.

Dalam video itu, layar radar kapal Angkatan Laut AS menunjukkan 14 objek tidak dikenal mengerumuni kapal perang itu. Menurut NBC, terdengar sejumlah kru menyampaikan kebingungan dan mendiskusikan temuan penampakan aneh tersebut. Bahkan, beberapa dari kru mengatakan benda-benda itu melaju dengan cepat ketika mereka berusaha menandai jarak dan arah benda.

Satuan Tugas Fenomena Udara Tak Teridentifikasi (UAPTF), sebuah satuan yang didirikan AS guna mengumpulkan laporan misterius, turun tangan. Satuan itu kemudian memasukkan temuan itu dalam status pemeriksaan yang sedang berlangsung.

Penjelasan isi video Corbell, sosok yang kerap membuat film dokumenter yang sebagian besar berfokus pada UFO dan mengungkapkannya kepada pemerintah, mengatakan video itu diambil di Combat Information Center (CIC) USS Omaha pada 15 Juli 2019 di suatu tempat di lepas pantai California dekat San Diego.

Corbell juga menyebut, salah satu objek asing itu tampak memasuki air di beberapa titik. Penampakan itu mirip gerak benda asing yang sebelumnya disebut UFO dalam laporan yang disampaikan pelaut AS. Objek asing yang masuk ke laut itu kemudian ditelusuri kapal selam. Kendati demikian, kapal selam itu tidak menemukan jejak UFO di lokasi itu.

“Bukti paling mengesankan yang kami saksikan adalah ketahanan mereka. Rekaman tersebut berlangsung lebih dari satu jam, dengan semua benda yang terdeteksi radar menghilang begitu saja. Kami tidak pernah bisa mengetahui ke mana mereka pergi,” beber Corbell menyampaikan laporan seorang awak di USS Omaha.

Kepada Daily Star, Corbell mengatakan berdasarkan data yang diterimanya, Angkatan Laut AS menemukan hingga 100 UFO hanya dalam satu bulan pada 2019.

“Diberitakan kepada saya, ada 50 hingga 100 orang tidak dikenal yang mengerumuni banyak kapal. Melalui radio mereka berbicara bolak-balik dan mengalami jenis kontak serupa,” papar Corbell.

Video tentang penampakan aneh yang direkam Corbell sempat bocor pada pertengahan Mei 2021. Video itu menampilkan benda bulat melesat di sekitar pantai California lalu terjun ke air. Pentagon pun mengonfirmasi keasilan video tersebut. Badan Intelijen AS kini sedang menyiapkan laporan resmi tentang UFO.

Bagikan