SMB Buddha Ratana Kupang Distribusikan Bantuan Peduli NTT dari Vihara Sangupati Lombok

Terkini.id, Kupang – Meskipun musibah bencana alam siklon tropis seroja telah berlalu sekitar dua minggu, akan tetapi bantuan dan kepedulian dari berbagai elemen masyarakat, baik dari luar daerah maupun dalam masih terus mengalir ke berbagai wilayah dan pelosok yang terdampak bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bentuk kepedulian atas nama kemanusiaan juga diimplementasikan Keluarga Besar Vihara Sangupati Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan SMB Buddha Ratana Kupang, serta Pemuda-Pemudi Buddhis PC Hikmahbudhi Kota Tangerang dengan menyumbangkan total ratusan paket sembako kepada warga terdampak bencana di dua posko, GMIT Bukit Zaitun Sikumana, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang dan GMIT Jemaat Kefas, Jalan Prof Yohanes, Kota Kupang, Selasa 20 April 2021.

Bantuan yang didistribusikan SMB Buddha Ratana Kupang tersebut dikoordinir Ketua SMB Buddha Ratana Kupang Heny Setiawati. Selain Heny, tampak Padesanayaka STI NTT YM Bhikkhu Sacchadammo Thera, Bhikkhu Karuna Silo, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag NTT Artadi Wijaya, Ketua Magabudhi NTT Indra Effendy, Ketua Vihara Pubbaratana Kupang Yan Sigar, dan guru-guru SMB Buddha Ratana lainnya.

Baca Juga: Pasca Sebulan Berlalu, Korban Badai Siklon Seroja di Kupang Masih...

Rombongan dan tim relawan dari SMB Buddha Ratana di posko GMIT Bukit Zaitun Sikumana disambut Pendeta Marcelina Buana Pramono Ibu.

Bantuan di posko GMIT Jemaat Kefas disambut Wakil Sekretaris GMIT Kefas, Ricky Francis. Dalam kata sambutannya, Ricky mengapresiasi bantuan yang diberikan rombongan dari SMB Buddha Ratana Kupang. (Kupang.Terkini.id/Effendy Wongso)

“Kami sangat bersyukur karena masih dapat diberi kesehatan untuk bertemu dengan saudara-saudara umat Buddha di sini. Dalam kondisi apapun, kita masih saling berinteraksi. Kepedulian yang ditunjukkan ini merupakan bentuk toleransi, apalagi dalam kondisi (pasca) bencana. Untuk itu, saya atas nama majelis dan jemaat Gereja Bukit Zaitun Sikumana mengucapkan terima kasih kepada umat Buddha,” kata Marcelina, Selasa 20 April 2021.

Baca Juga: Ini Alasan WKRI NTT Prihatin Kondisi Sabu Raijua Pasca Badai...

Sementara itu, Ketua SMB Buddha Ratana Kupang Heny Setiawati yang ditemui Kupang.Terkini.id di sela kegiatan, mengatakan ada 40 KK yang diberikan bantuan. Ada lima di antaranya membutuhkan perbaikan rumah.

Heny menambahkan, apa yang diberikan pihaknya memang tidak besar tetapi hal itu dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dan rasa simpati terhadap warga di Sikumana yang terdampak bencana.

“Semoga apa yang kami lakukan ini, bisa bermanfaat bagi mereka. Kami juga berterima kasih kepada donatur, khususnya Keluarga Besar Vihara Sangupati Lombok dan PC Hikmahbudhi Kota Tangarang yang sudah mengimplementasikan kepedulian terhadap bencana NTT ini,” katanya.

Baca Juga: Hampir Sebulan Pasca Bencana NTT, Vihara Pubbaratana Kupang Masih Salurkan...

Sementara itu, seorang warga jemaat Gereja Bukit Zaitun Sikumana, Martha Modok Leo mengaku merasa senang atas bantuan yang diberikan kepada mereka.

“Kami sangat berterima kasih, dan jemaat di sini hanya bisa membalas dengan doa. Semoga Tuhan memberkati para donatur,” ujarnya.

Adapun bantuan di posko GMIT Jemaat Kefas disambut Wakil Sekretaris GMIT Kefas, Ricky Francis. Dalam kata sambutannya, Ricky mengapresiasi bantuan yang diberikan rombongan dari SMB Buddha Ratana Kupang.

“Mewakili jemaat gereja, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Bantuan ini akan kami salurkan sesuai data kami kepada jemaat yang terdampak,” imbuhnya.

Ricky menambahkan, ada 126 KK yang berada di sekitar Gereja Jemaat Kefas dengan kondisi rumah rusak berat, sedang, dan ringan.

Bagikan