5 Kasus Baru Positif Corona NTT, 4 dari Transmisi Lokal Kupang

Terkini.id, Kupang – Kasus positif novel coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali bertambah. Setelah dua hari berturut-turut tidak terjadi penambahan kasus positif, maka pada Kamis 28 Mei 2020 siang, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT mengumumkan ada tambahan lima kasus baru.

Adapun sebaran kasus baru tersebut, empat berasal dari Kota Kupang dan satu kasus baru di Kabupaten Timor Tengan Selatan (TTS).

“Dari pemeriksaan swab yang disampaikan tim medis Laboratorium Biomolekular Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof WZ Johannes, dari 97 spesimen swab yang dikirim diketahui ada enam positif Covid-19,” terang Sekretaris Satu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Dominikus Minggu Mere.

Baca Juga: Tak Henti Berseru Prokes Harga Mati, Pemkot Kupang Akui 70...

Dominikus yang didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Thomas Bangke menjelaskan, dari enam sampel terkonfirmasi positif tersebut, lima sampel merupakan sampel baru sementara satu sampel lainnya berasal dari pasien positif yang lama dari Kabupaten TTS.

“Untuk lima pasien pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang baru, terdiri dari empat pasien dari Kota Kupang yang penularannya dari transmisi lokal dan satu pasien lainnya dari TTS yang penularannya dari kluster Magetan,” ungkapnya.

Baca Juga: Greysia Polii Sudah Divaksin, Bukti Atensinya Terhadap Upaya Eradikasi Covid-19

Untuk empat kasus baru di Kota Kupang, sebut Dominikus, sebanyak tiga pasien dirawat RSUD Siloam Kupang dan satu pasien dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti. Sementara itu, di Kota Soe satu pasien baru terkonfirmasi positif dirawat di RSUD Soe.

Dominikus mengatakan, pasien baru dari transmisi lokal tersebut saling berkaitan erat dengan pasien positif Covid-19 pertama transmisi lokal yang telah meninggal. Hal itu berdasarkan hasil tracing yang dilakukan Satgas Kota Kupang.

“Dari hasil tracing yang dilakukan (dari pasien positif Covid-19 yang meninggal), ini perlu ditelusuri lagi, (karena) saling berkaitan,” imbuhnya.

Baca Juga: Lepas PPKM Level 4 Diperpanjang Setelah 2 Agustus, Kepatuhan Prokes...

Dominikus menyebut, empat kelurahan yang masih menjadi lokasi potensial penyebaran Covid-19 berasal dari transmisi lokal di Kota Kupang, di antaranya Oesapa, Nunleu, Tuak Daun Merah (TDM) dan Kuanino.

“Secara provinsi, dengan penambahan lima pasien positif baru itu maka total kasus positif menjadi 90 kasus. Dari 90 terkonfirmasi positif, 11 sembuh dan satu meninggal. Sementara itu, yang sedang dan akan dirawat sebanyak 78 pasien,” ulasnya.

Dominikus merinci, penyebaran penanganan pasien positif di NTT terdiri dari 27 kasus di Kabupaten Sikka, 15 Kasus di Kota Kupang, 12 kasus di Kabupaten Manggarai Barat, delapan kasus di Kabupaten Sumba Timur, enam kasus di Kabupaten Ende, empat kasus di Kabupaten TTS, tiga kasus di Kabupaten Nagekeo, dua kasus di Kabupaten Rote Ndao, dan satu kasus di Kabupaten Flores Timur (Flotim).

Bagikan