Pemerintah: Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei

Ini Tren Busana Muslim Jelang Ramadan dan Idul Fitri
Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah yang merupakan penanda Idul Fitri 2020 jatuh pada Minggu 24 Mei 2020. Pengumuman Idul Fitri 1441 Hijriah disampaikan langsung Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi seusai menggelar sidang isbat pada Jumat 22 Mei 2020. (Kupang.Terkini.id/Effendy Wongso)

Terkini.id, Kupang – Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah yang merupakan penanda Idul Fitri 2020 jatuh pada Minggu 24 Mei 2020.

Pengumuman Idul Fitri 1441 Hijriah disampaikan langsung Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi seusai menggelar sidang isbat pada Jumat 22 Mei 2020.

“Sidang isbat secara bulat menyatakan, 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu 24 Maret 2020,” ungkap Fachrul Razi.

Penetapan Idul Fitri ini, sebutnya, merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) bersama sejumlah ulama, organisasi Islam, dan pemangku kepentingan.

Sidang isbat dilakukan dengan mempertimbangkan hasil hisab (berdasarkan perhitungan astronomi) dan rukyatul hilal atau pengamatan hilal atau bulan baru. Sementara itu, rukyatul hilal dilakukan dari 80 titik pengamatan dari berbagai penjuru wilayah Tanah Air.

Baca juga:

Sejatinya, tahun ini berbeda dari sebelumnya lantaran sidang dilakukan menggunakan protokol kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Komisi VIII DPR,” terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat 22 Mei 2020.

Tahapan sidang isbat terbagi atas sejumlah fase atau sesi. Pada fase pertama yang dimulai pukul 17.00 WIB, disampaikan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Selanjutnya, setelah magrib, sidang dibuka Menteri Agama Fachrul Razi, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

Komentar

Rekomendasi

Homemade Cookies Paling Digemari saat Lebaran, Ini Bedanya dengan Kue Pabrikan

Pendiri Twitter Jack Dorsey Akan Sumbangkan Semua Kekayaannya, Ini Alasannya

Wacana Peleburan Kelas BPJS Kesehatan, Ini Kata Kemenkeu

Member Secret Number Dita Karang, WNI Pertama Tembus Girlband Korea

Jangan Hanya Suka Selfie, Saatnya Jadi Fotografer Profesional

Sepele Tetapi Penting, Berikut Tips Diet Sehat Anti Galau

Terkait Aturan Larangan Mudik Lebaran, Pengamat Kebijakan Publik Ini Bilang Begini

3 Kasus Baru dari Transmisi Lokal, Pasien Positif Corona NTT Tembus 76 Orang

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar