Sepele Tetapi Penting, Berikut Tips Diet Sehat Anti Galau

Sepele Tetapi Penting, Berikut Tips Diet Sehat Anti Galau
Rajin berolahraga juga penting untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, dengan berolahraga seseorang dapat menjaga keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dengan kebutuhan energi ideal yang pas untuk tubuh. (Ist)

Terkini.id, Kupang – Sejak kecil, kita sudah akrab dengan slogan kesehatan seperti “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” atau “Kesehatan adalah anugerah paling mahal yang bisa kita dapatkan”. Sejatinya, memang banyak cara untuk sehat. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari.

Rajin berolahraga juga penting untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, dengan berolahraga seseorang dapat menjaga keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dengan kebutuhan energi ideal yang pas untuk tubuh.

Kendati demikian, beberapa dari kita yang tidak mengindahkan penerapan pola hidup sehat, terutama jika menyangkut konsumsi yang “lost” atau lepas kontrol dari standardisasi terkait makan yang sehat dan pas tidak berlebihan.

Jika out of control terkait pola makan, akibatnya tentu merugikan diri kita sendiri. Sebab, seseorang yang melanggar pola makan sehat biasanya rentan obesitas atau menderita diabetes.

Agar seseorang dapat menghargai tubuhnya, tidak ada cara selain menerapkan pola hidup sehat, baik seputar makanan yang diudap maupun aktivitas olahraga yang teratur. Namun, yang sudah terlanjur memiliki tubuh yang “overweight” atau kegemukan, ada beberapa tips yang mungkin dapat diterapkan agar tubuh dapat kembali terlihat ideal, yaitu dengan melakukan diet.

Baca juga:

Kendati demikian, memulai diet sehat memang mudah akan tetapi mempertahankannya adalah hal yang sulit dilakukan. Dibutuhkan kedisiplinan yang keras supaya bisa melakukannya.

Ada beberapa faktor yang bisa mengganggu kedisiplinan saat diet, seperti stres, kelelahan, rasa ngidam, perubahan mood, dan ketidakseimbangan hormonal.

Lantas, bagaimana cara mempertahankan diet sehat agar berhasil agar kita tidak menjadi galau? Dikutip dari Medical Daily, seperti dilansir Suara.Com, afiliasi jaringan Kupang.Terkini.id, Rabu 20 Mei 2020, tips-tips berikut bisa Anda ikuti.

Kenali Tubuh Sendiri

Memahami apa yang bekerja dan tidak bekerja bagi tubuh akan membantu seseorang menyesuaikan diet apa yang cocok dengan tubuhnya sendiri. Please, jangan turuti apa yang diidamkan tubuh lantaran hal itu hanya dapat memperlambat proses metabolisme tubuh.

Hargai Tubuh Sendiri

Makanlah dengan rasa senang , namun penting diingat jika memilih makanan pilihlah yang sehat. Jangan mengonsumsi makanan tertentu yang tidak diinginkan hanya karena makanan tersebut menjadi perbincangan publik atau tengah tren dan digandrungi masyarakat.

Pasalnya, opini terkait makanan tersebut belum tentu memenuhi kriteria makanan yang sehat. Jika tetap mengikuti keinginan hati, hal itu bisa membuat tubuh jadi “crush” atau bingung. Syukurlah, di Indonesia kita memiliki banyak pilihan makanan sehat seperti tempe, ikan, dan sayur maupun buah-buahan.

Makan Lima Warna Makanan dalam Sehari

Mulailah diet dengan hal mudah, yang tentunya perlahan-lahan dapat ditingkatkan. Selama kita bisa mengonsumsi kombinasi dari lima warna berbeda dari buah dan sayur, itu artinya kita telah melakukannya dengan benar.

Jangan Lupa Hidrasi Tubuh

Menghidrasi tubuh sangatlah penting. Pastikan Anda minum cukup air dalam sehari. Dengan demikian, kita bisa merasa lebih segar sembari mempertahankan ritme makanan sehat, hanya dengan minum air.

Jangan Ikut-ikutan Tren

Walau banyak manfaat kesehatan yang dijanjikan banyak tren perihal diet yang dipromosikan pelaku usaha di luar sana, Anda tidak sertamerta harus mengikutinya. Pasalnya, tidak semua diet cocok untuk tubah kita. Sehingga, meskipun terkesan tidak ribet tetapi penerapan diet ala diri sendiri sudah lebih dari cukup. Alih-alih diet ketat, bisa jadi nanti kita jatuh sakit.

Intinya, pastikan Anda disiplin terhadap diet seimbang dan berprinsip jangka panjang. Sebab, kebanyakan tren diet ini hanya untuk jangka pendek.

Komentar

Rekomendasi

Pendiri Twitter Jack Dorsey Akan Sumbangkan Semua Kekayaannya, Ini Alasannya

Pemerintah: Idul Fitri Jatuh pada Minggu 24 Mei

Wacana Peleburan Kelas BPJS Kesehatan, Ini Kata Kemenkeu

Edukasi Anti Narkoba, Ini yang Dilakukan BNN Kota Kupang

Member Secret Number Dita Karang, WNI Pertama Tembus Girlband Korea

Jangan Hanya Suka Selfie, Saatnya Jadi Fotografer Profesional

3 Kasus Baru dari Transmisi Lokal, Pasien Positif Corona NTT Tembus 76 Orang

Dukung Pembiayaan Fiskal, BI Borong SBN Rp 22,8 Triliun di Pasar Perdana

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar