1 PDP asal Malaka Meninggal, NTT Bertambah 8 Positif Covid-19

Terkini.id, Kupang – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nusa Tenggara Timur (NTT) Jelamu Ardu Marius, dalam siaran persnya terkait perkembangan data teraktual virus corona di Kupang, Jumat 15 Mei 2020 sore, mengatakan satu Pasien dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Malaka meninggal dunia.

“Kami baru saja mendapat kabar dari RSUD Prof WZ Johannes Kupang, satu PDP Covid-19 asal Kabupaten Malaka berinisial YF meninggal dunia. Jadi, total PDP di NTT yang meninggal hingga hari ini sebanyak 11 orang,” terang Marius yang juga menjabat Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT tersebut.

Sebelumnya, Sekretaris Satu Gugus Tugas Covid-19 NTT Dominikus Minggu Mere saat jumpa pers di Media Center Kantor Gubernur NTT, Jalan El Tari, Kupang, Jumat 15 Mei 2020 siang mengatakan, pasien positif Covid-19 NTT bertambah delapan orang yang berasal dari kluster KM Lambelu.

Baca Juga: Memaknai Pengorbanan Para ‘Pahlawan’ di Masa Pandemi Covid-19

“Pasien positif Covid-19 di wilayah NTT bertambah delapan orang. Penambahan positif ini berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab yang dilakukan di Laboratorium Biomolekular RSUD Prof WZ Johannes Kupang. Dari 46 sampel swab yang diperiksa, diketahui ada delapan pasien positif,” ungkap Dominikus.

Dominikus menambahkan, delapan sampel positif Covid-19 itu berasal dari Kabupaten Sikka, Kota Kupang, dan Kabupaten Sumba Timur.

Baca Juga: Patuhi Protokol Kesehatan! Kemenkes Ungkap Omicron Telah Terdeteksi di 23...

“Perinciannya, ada empat orang positif dari Kabupaten Sikka dari kluster KM Lambelu, tiga orang positif dari Kota Kupang yang penularannya berasal dari transmisi lokal, dan satu positif di Kabupaten Sumba Timur,” paparnya.

Dominikus yang saat ini juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan NTT tersebut mengatakan, untuk pasien positif di Kota Kupang saat ini telah dirawat di RSUD Prof WZ Johannes Kupang.

Sementara itu, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur dirawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu. Adapun pasien positif di Kabupaten Sikka dari kluster KM Lambelu, berdasarkan koordinasi dengan Bupati Sikka, mereka akan dirawat di RSUD TC Hillers Maumere.

Baca Juga: Dorong Percepatan Kekebalan Kelompok, TNI AL Lantamal VII Gencarkan Vaksinasi...

Atas hasil tersebut, berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 NTT maka per Jumat 15 Mei 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Kupang menjadi 14 kasus, Kabupaten Sikka menjadi 12 kasus, dan Kabupaten Sumba Timur menjadi dua kasus.

Sementara, untuk Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 12 kasus, Timor Tengah Selatan (TTS) dua kasus, Rote Ndao dua kasus, serta masing-masing satu kasus untuk Ende, Nagekeo, dan Flores Timur (Flotim).

Sehingga, hingga Jumat 15 Mei 2020 siang, ada total 47 kasus positif Covid-19 di NTT dengan perincian 44 dalam perawatan dan isolasi, dua dinyatakan sembuh, dan satu meninggal dunia

Sekadar diketahui, jika digabungkan dengan penyintas atau PDP yang meninggal pada Jumat 15 Mei 2020 sore, maka total yang meninggal lantaran virus corona di NTT ada dua.

Bagikan