Melonjak Drastis Jadi 30 Orang, Kasus Positif Corona NTT Berasal dari Berbagai Kluster

Terkini.id, Kupang – Praktis dalam dua hari, kasus positif novel coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Nusa Tenggara Timur (NTT) melonjak drastis. Dari sebelumnya hanya 18 kasus pada Selasa 12 Mei 2020, maka per Rabu 13 Mei 2020, naik menjadi 30 kasus positif Covid-19 atau bertambah 12 orang lagi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab di laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang pada Selasa 12 Mei 2020, sebanyak 11 dari 82 spesimen swab dinyatakan positif virus corona.

Sampel positif tersebut terdiri dari sembilan sampel rujukan RSUD Komodo Labuan Bajo, satu sampel rujukan RSUD Ende, dan satu sampel lainnya rujukan RSUD Soe.

Baca Juga: Vaksin Diklaim Dapat Tekan Potensi Lahirnya Varian Baru Covid-19, Ini...

Dari total jumlah tersebut, sampel rujukan RSUD Komodo dan RSUD Ende merupakan sampel yang berasal dari kluster Gowa Sulawesi Selatan, sementara satu sampel RSUD Soe merupakan sampel yang berasal dari kluster Magetan Jawa Timur.

“Dari 92 spesimen swab yang diperiksa di laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang, diketahui ada 11 yang positif Covid-19,” terang Sekretaris Satu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Dominikus Minggu Mere dalam jumpa pers yang dilaksanakan di media center Kantor Gubernur NTT, Jalan El Tari, Kupang, Rabu 13 Mei 2020 siang.

Baca Juga: Pakai Masker Harga Mati! Ini Alasan Pemda Luar Jawa-Bali Harus...

Sementara itu, lanjut Dominikus, berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dikirim dari Laboratorium Balai Besar Pengembangan dan Penelitian Kesehatan Jakarta, satu sampel swab asal NTT dinyatakan positif. Sampel tersebut berasal dari Kabupaten Sumba Timur, dan sampel tersebut berasal dari kluster Jakarta.

“Satu lagi positif Covid-19 dari Kabupaten Sumba Timur, Waingapu, itu kluster baru dari Sekolah Tinggi Teologi (STT) Baptis di daerah Grogol Jakarta,” ungkapnya.

Didampingi Jubir Gugus Tugas Covid-19 Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Ardu Jelamu Marius, Dominikus mengatakan atas bertambahnya hasil itu, maka jumlah total kasus positif Covid-19 di NTT menjadi 30 kasus.

Baca Juga: Terjadi Lonjakan 61,08 Persen Kasus Covid-19 di Luar Jawa-Bali, Pemerintah...

“Naik sebanyak 12 kasus atau 40 persen dari sebelumnya 18 kasus pada Selasa 12 Mei 2020. Oleh karena itu, penambahan Covid-19 hari ini (Rabu 13 Mei 2020) ada 12 kasus, sehingga total NTT saat ini menjadi 30 kasus dari 18 sebelum hari ini,” imbuh pria yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan NTT tersebut.

Dijelaskan, dari 30 kasus positif Covid-19 itu, sebanyak dua kasus dinyatakan sembuh sementara satu pasien positif lainnya meninggal dunia di RSUD Prof WZ Johannes pada Selasa 12 Mei 2020 malam.

Dominikus menambahkan, dari total pasien positif itu ada pasien yang telah dirawat di rumah sakit dan ada yang sedang dikoordinasikan untuk dirawat.

“Khusus untuk positif Covid-19 di Labuan Bajo, sudah dikoordinasikan dengan Gubernur NTT dan Bupati Manggarai Barat untuk dirawat di RSUD Labuan Bajo dan RSUD Siloam Labuan Bajo,” bebernya.

Bagikan