Satu Pasien Corona dari Transmisi Lokal di Kupang Meninggal Dunia

Terkini.id, Kupang – Satu pasien positif Covid-19 dinyatakan meninggal dunia di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof WZ Johannes Kupang, Selasa 12 Mei 2020 malam. Pasien yang disebutkan tertular virus corona dari transmisi lokal, meninggal pada pukul 20.30 WITA.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nusa Tenggara Timur (NTT) Jelamu Ardu Marius dalam keterangan persnya kepada wartawan di Kupang, Selasa 20 Mei 2020 malam.

Rencananya, jenazah anonim tersebut akan dimakamkan pada Rabu 13 Mei 2020, dengan mengikuti protap yang telah diamanatkan Pemerintah.

Baca Juga: Vaksin Diklaim Dapat Tekan Potensi Lahirnya Varian Baru Covid-19, Ini...

“Sesuai standardisasi dan protokol terkait Covid-19, pemulasaran jenazah akan mengikuti protap dari Pemerintah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sekretaris Satu Gugus Tugas Perceptan Penanganan Covid-19 Dominikus Minggu Mere juga mengungkapkan jika penularan virus corona masih saja terjadi di NTT.

Baca Juga: Pakai Masker Harga Mati! Ini Alasan Pemda Luar Jawa-Bali Harus...

Berdasarkan data hasil pemeriksaan 46 swab yang dilakukan di laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang pada Senin 11 Mei 2020, satu sampel dinyatakan reaktif atau positif Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan hasil swab yang dikirim dari laboratorium Eijkman Jakarta, satu sampel swab juga dinyatakan positif virus corona.

“Hasil pemeriksaan swab, ada satu positif Covid-19 berasal dari rujukan RSUD Ba’a Rote Ndao. Berdasarkan informasi yang diberikan dari laboratorium Eijkman Jakarta, diberitahukan satu positif juga dari rujukan RSUD Ba’a Rote Ndao,” terangnya, Selasa 12 Mei 2020 siang.

Baca Juga: Terjadi Lonjakan 61,08 Persen Kasus Covid-19 di Luar Jawa-Bali, Pemerintah...

Dengan demikian, ia menyebut jika kasus positif virus corona di NTT bertambah dua kasus.

“Hari ini, saya umumkan dua positif virus corona dari Kabupaten Rote Ndao. Dengan bertambahnya dua positif Covid-19 ini, maka kasus positif virus corona di NTT menjadi 18 orang,” imbuhnya.

Selain penambahan kasus positif itu, papar Dominikus, hasil swab ulangan kedua terhadap pasien positif kluster Sukabumi yang telah dilakukan, menunjukan hasil negatif. Atas hasil itu, dari total sembilan positif virus corona dari kluster Sukabumi yang saat ini dirawat di RS Bhayangkara Titus Uly Kupang, satu dinyatakan sembuh.

“Hasil laboratorium yang dilaporkan dari kluster Sukabumi, satu orang setelah dilakukan swab dua kali berturut-turut diperoleh hasil negatif. Maka khusus untuk kluster Sukabumi, dari sembilan orang satu dinyatakan sembuh,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT ini menjelaskan, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT telah berkoordinasi dengan pihak RS Bhayangkara Titus Ully Kupang guna memulangkan satu pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh.

Hingga Selasa 12 Mei 2020 siang, total kasus positif di NTT berjumlah 18 positif Covid-19, dan dua di antaranya dinyatakan sembuh.

Bagikan