Pemprov NTT Apresiasi 8 Kabupaten yang Lakukan Karantina Terpusat bagi ODP

Terkini.id, Kupang – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) mengapresiasi langkah yang diterapkan delapan kabupaten dan kota yang memberlakukan karantina terpusat bagi Orang dalam Pemantauan (ODP).

Adapun kedelapan kabupaten dan kota yang melaksanakan karantina terpusat di antaranya Kabupaten Flores Timur (Flotim), Manggarai, Manggarai Timur, Rote Ndao, Sumba Barat, Sumba Timur, dan Timor Tengah Utara (TTU).

“Terima kasih kepada kabupaten dan kota yang telah memantau begitu banyak ODP. Pemprov NTT mengapresiasi delapan kabupaten dan kota yang melaksanakan karantina terpusat,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Jelamu Ardu Marius kepada wartawan di Kupang, Rabu 29 April 2020 malam.

Baca Juga: Gubernur NTT: Organisasi Profesi-Parpol Harus Terlibat Percepatan Vaksinasi

Delapan kabupaten kota tersebut, urai Marius, melakukan karantina terpusat untuk 54 ODP.

“Kita masih ada total 54 ODP yang dikarantina secara terpusat,” bebernya.

Baca Juga: Ini Peran Kesbangpol dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 di NTT

Sementara itu, untuk para Pasien dalam Perawatan (PDP) yang tengah karantina mandiri pasca perawatan di rumah sakit, Marius meminta Puskesmas tetap rutin memantau.

“Kepada semua (stakeholder) Puskesmas di NTT, untuk secara rutin memantau ODP atau PDP yang sudah dirawat tetapi masih harus melaksanakan karantina mandiri di rumah selama 14 hari,” imbuhnya.

Marius juga menyampaikan, hingga saat ini Pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19 masih menunggu hasil sampel dari Surabaya atau Jakarta.

Baca Juga: Kabar Baik, 37.430 Warga TTU Telah Divaksin Termasuk Booster untuk...

“Berkat sinergi dan kerja sama yang kuat antara Pemerintah dan masyarakat, kita optimistis bisa menjaga kenyamanan dan kesehatan 5,4 juta rakyat NTT,” ujarnya.

Bagikan