Ini Tren Busana Muslim Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Ini Tren Busana Muslim Jelang Ramadan dan Idul Fitri
Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah yang merupakan penanda Idul Fitri 2020 jatuh pada Minggu 24 Mei 2020. Pengumuman Idul Fitri 1441 Hijriah disampaikan langsung Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi seusai menggelar sidang isbat pada Jumat 22 Mei 2020. (Kupang.Terkini.id/Effendy Wongso)

Terkini.id, Kupang – Jelang Ramadan atau lebih dikenal sebagai bulan puasa dengan puncak hari raya Idul Fitri, senantiasa dimanfaatkan umat Muslim untuk membeli baju baru. Tentu, digunakan untuk beribadah maupun silaturahim antarkeluarga, kerabat, maupun kolega di momen Lebaran 2020.

Memanfaatkan momen bulan suci, rumah produksi terkait fesyen mulai dari label ternama hingga industri rumah tangga, tidak ketinggalan memenuhi pasar dengan berbagai koleksi pakaian Muslim.

Harganya beragam, dari yang hanya berkisar puluhan ribu hingga jutaan rupiah dapat ditemui di pasar ataupun pusat perbelanjaan.

Beberapa tren busana Muslim jelang Ramadan dan Idul Fitri ini sudah banyak ditemui di pasaran. Untuk itu, konsumen harus jeli dan mengetahui model busana apa yang sedang tren di 2020 ini.

Gamis Terusan Panjang yang Antiklise

Terusan panjang atau gamis, saat ini sangat digemari wanita Muslim. Pasalnya, dengan beragam kreasi dan warna yang masif dijual di pasaran, model busana yang sekaligus berfungsi untuk menutup aurat tersebut sudah memiliki penggemar tersendiri, di antaranya komunal hijabers.

Salah satu corak busana yang banyak dijumpai adalah gamis dengan perpaduan bahan organza dan rubi brokat motif kotak-kotak. Bahan yang berlapis dengan warna senada ini memberikan kesan yang elegan. Tidak terlihat klise, sebab tampilan tampak lebih mewah dan berbeda dibandingkan busana konvensional yang agak “kaku”.

Busana ini dipercantik dengan taburan mutiara atau payet. Koleksi gamis ini banyak dijual di online shop, dengan patokan harga sekitar Rp 275 ribu hingga Rp 500 ribu, tergantung tingkat kerumitan pembuatannya.

Luaran atau Outer yang Ngetren

Serupa gamis, luaran atau outer masih menjadi tren yang digemari di 2020. Beragam jenis luaran mulai dari luaran tanpa lengan atau lengan panjang dan yang panjangnya sampai kaki atau hanya selutut. Motif polos dan bunga menjadi yang paling banyak dimintai dengan ragam warna gelap dan pastel. Bahan yang digunakan pun umumnya tipis agar tidak panas ketika dipadu-padankan.

Kaftan yang Jadi Primadona

Kaftan masih menjadi primadona yang banyak dicari untuk baju Lebaran 2020. Mulai dari model drapery hingga printed. Rasanya, hampir semua kaftan hadir dengan motif print. Tampilan kaftan kemudian dibuat lebih manis dengan aksen kerut atau pita untuk memberi siluet. Kaftan juga cocok dipakai untuk wanita berhijab maupun tidak.

Hijab Segi Empat Voal

Hijab voal kini menjadi kerudung yang paling banyak dijumpai dan dicari kaum Hawa. Pasalnya, bahan yang dingin dan mudah dibentuk “ngepas” di wajah, menjadi keunggulan hijab ini dibandingkan bahan lain.

Motif printing yang variatif seperti corak bunga-bunga dengan warna pastel hingga cerah menjadi daya tarik tersendiri. Jika mencari jilbab voal di online shop, bisanya dibanderol cukup terjangkau mulai sekitar Rp 80 ribu untuk jilbab polos hingga Rp 275 ribu untuk yang bermotif.

Busana Atasan yang Mempercantik

Blus atau baju atasan dengan berbagai ragam kreasi, juga menjadi tren pada tahun ini. Terlebih, adanya berbagai model lipatan bagian lengan hingga pada bagian bawah memang tengah digandrungi.

Blus ini sendiri banyak menggunakan paduan motif dan bahan yang berbeda, seperti polos dengan corak atau bahkan dengan batik. Potongan blus yang beragam serta detail-detail seperti kerutan, kancing, dan saku dapat menjadi pilihan untuk paduan busana Muslim yang modis.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Chicken Rice Teriyaki, Kolonialisasi Zaman Now Jepang Lewat Kuliner

Unik, Asal Usul Kue Ini Masih Diklaim Dua Daerah di Indonesia

Sadis, Ada Paru Bengis dan Empal Jahanam di Resto Kupang Ini

Ini Sejarah Kue Putu Ayu yang Populer di Asia Tenggara

Batagor, Makanan Rakyat yang Tercipta dari Ketidaksengajaan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar