Bantu Warga Terdampak Covid-19, Kapolda NTT Tinjau Dapur Lapangan TNI-Polri

Terkini.id, Kupang – Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin meninjau lokasi dapur umum TNI-Polri di Markas Komando (Mako) Brimob Polda NTT, Jalan Timor Raya, Kelapa Lima, Kupang, Selasa 21 April 2020 pagi.

Dapur umum tersebut didirikan guna membantu warga yang kesulitan secara ekonomi akibat dampak penyebaran novel coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Dapur umum yang dibuka di bawah koordinasi Karo OPS Polda NTT Kombes Pol Rudy Kristianto tersebut, membawahi personel gabungan TNI dan Polri.

Baca Juga: Tak Henti Berseru Prokes Harga Mati, Pemkot Kupang Akui 70...

Di Lokasi, sebanyak 20 personel gabungan TNI-Polri ditugaskan memasak hingga mempersiapkan makanan yang nantinya akan dibagi-bagikan kepada warga sekitar. Ini terutama bagi warga yang tengah kesulitan ekonomi lantaran penerapan beleid pembatasan mobilitas atau physical distancing guna menekan angka penularan Covid-19.

Hamidin dan rombongan yang tiba di lokasi pada pukul 09.30 Wita, menyempatkan melihat secara langsung proses memasak di dapur umum tersebut. Orang nomor satu di jajaran kepolisian NTT yang pernah bertugas di Sulawesi Selatan itu, didampingi Ketua Bhayangkari Polda NTT Julachmi Hamidin, yang juga menyempatkan diri melihat proses pengolahan makanan di dapur anggota gabungan TNI-Polri tersebut.

Baca Juga: Greysia Polii Sudah Divaksin, Bukti Atensinya Terhadap Upaya Eradikasi Covid-19

Kepada para personel yang bertugas, Hamidin memberikan semangat agar mereka dapat bertugas dengan baik.

Ia menjelaskan, bakti sosial dengan mendirikan dapur umum berlangsung secara nasional. Di lingkungan Polda NTT, pembagian makanan kepada warga telah dilaksanakan sembilan kali.

“Bakti sosial ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Tetapi, kita di Polda NTT sudah laksanakan kurang lebih sembilan kali, demikian juga di 21 Polres jajaran,” imbuh Hamidin.

Baca Juga: Lepas PPKM Level 4 Diperpanjang Setelah 2 Agustus, Kepatuhan Prokes...

Ia menambahkan, aksi kemanusiaan itu dilakukan untuk membantu warga yang mengalami dampak ekonomi akibat wabah Covid-19. Untuk itu, pihaknya ingin membantu sebisa mungkin.

Selain bantuan secara institusi, sebelumnya sudah banyak anggota kepolisian secara personal juga memberi bantuan dan melakukan aksi kemanusiaan di tengah pandemi Covid-19.

Selain meninjau, pada kesempatan tersebut Hamidin sekaligus menerima bantuan logistik untuk keperluan dapur umum. Di antaranya, beras satu ton dari Badan Urusan Logistik (Bulog) NTT yang diserahkan perwakilan Bulog NTT Taufan Akib.

Selain itu, ia juga menerima sejumlah paket alat pelindung diri (APD) dari Yayasan Jakarta Perkasa Citra Cemerlang Foundation yang diserahkan Yana Putri selaku perwakilan yayasan.

Selain Kapolda, para pejabat utama Polda NTT terlihat hadir bersama di lokasi dapur umum, di antaranya Irwasda Polda NTT, KBO Polda NTT, Kabid Humas Polda NTT, Kabid Propam Polda NTT, Kabid Keuangan Polda NTT, Direskrimsus, Dirnarkoba, Dirlantas, Dirsabhara, serta stakeholder Polda NTT lainnya.

Bagikan