Tujuh Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Batuk Kering

Tujuh Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Batuk Kering
Ginger atau yang lebih dikenal dengan sebutan jahe adalah salah satu rempah-rempah tradisional Nusantara dengan ragam manfaat kesehatan, di antaranya menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, bahkan menekan alzheimer. (Ist)

Terkini.id, Kupang – Jika menderita batuk, apalagi batuk kering rasanya gatal di tenggorokan pasti sangat menganggu. Memang, kalau sudah gatal akibat batuk kering rasanya ingin memasukkan jari-jari ke dalam tenggorokan dan langsung menggaruk tenggorokan yang gatal dan kering.

Kendati demikian, tidak perlu khawatir lantara ada cara alami untuk menghilangkan batuk kering itu. Apalagi, sejatinya batuk kering secara umum dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan khusus dari dokter.

Guna mengatasi batuk kering dapat dilakukan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang bisa diperoleh di dapur rumah. Berikut adalah beberapa bahan alami alternatif yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi batuk kering:

Ginger atau Jahe

Ginger atau yang lebih dikenal dengan sebutan jahe adalah salah satu rempah-rempah tradisional Nusantara dengan ragam manfaat kesehatan, di antaranya menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, bahkan menekan alzheimer.

Kandungan antiradang dalam jahe membuatnya menjadi salah satu cara mengatasi batuk kering, rasa sakit, dan mual. Seseorang dapat membuat rebusan air jahe dengan memasukkan potongan jahe seukuran jempol tangan atau sekitar 20-40 gram ke dalam empat cangkir air panas.

Kendati begitu, rebusan air jahe mungkin sedikit membuat tidak nyaman pada perut atau heartburn (sensasi panas di dada). Jika tidak tahan dengan rasa kuat jahe, dapat menambahkan madu atau air lemon sebelum meminum rebusan air jahe.

Sedang sibuk atau terburu-buru, tidak perlu bingung sebab potongan jahe dapat langsung dikunyah. Bisa juga diberi campuran bahan alami lain seperti daun mint dengan jahe.

Cara meraciknya cukup gampang, yaitu dengan mencampurkan secangkir madu, empat cangkir air hangat, tiga sendok makan potongan jahe, dan satu sendok makan potongan daun mint. Campuran tersebut cukup untuk beberapa hari dan dapat diminum dua sampai tiga kali sehari. Selain itu, juga dapat diminum saat tenggorokan terasa gatal.

Air Larutan Garam

Cara mengatasi batuk kering adalah dengan menggunakan air garam yang dapat menarik cairan dari tenggorokan yang bengkak dan menyusutkannya. Kumuran air garam dapat dibuat dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat.

Saat berkumur dengan air garam, jangan telan air garam dan diamkan air garam di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum dikeluarkan dari mulut. Seseorang yang menderita batuk kering dapat berkumur setidaknya tiga kali sehari.

Garlic atau Bawang Putih

Tidak hanya kandungan antiradang, garlic atau bawang putih juga memiliki kandungan antivirus dan antibakteri yang dapat menjadi alternatif cara mengatasi batuk kering. Anda dapat membuat air rebusan bawang putih.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan beberapa siung bawang putih ke dalam segelas air, kemudian direbus sampai mendidih. Setelah sembuh, konsumsi bawang putih setiap harinya dapat meningkatkan sistem imun seseorang.

Honey atau Madu

Honey atau madu murni sudah diketahui secara luas sebagai salah satu cara mengatasi batuk kering. Bahkan, penelitian pada 2007 lau menemukan madu lebih efektif dalam menangani batuk di malam hari ketimbang obat batuk di apotek.

Anda dapat mencampurkan dua sendok teh madu ke dalam air hangat atau teh herbal yang dapat diminum sekali atau dua kali sehari. Namun, anak berusia di bawah satu tahun tidak boleh menggunakan madu sebagai cara mengatasi batuk kering.

Uap Panas

Penggunaan uap tidak hanya dapat mengatasi batuk berdahak, tetapi juga dapat menjadi cara mengatasi batuk kering. Di sini, Anda dapat membuat mangkuk uap dengan memasukkan air panas ke dalam mangkuk yang besar dan menghirup uap dari air panas tersebut sambil menaruh handuk di atas kepala selama lima menit.

Setelahnya, minumlah air yang sejuk untuk mendinginkan badan dan mencegah dehidrasi. Hentikan menghirup uap dari air panas jika kulit mulai memanas, Anda dapat melanjutkannya saat kulit mulai terasa lebih sejuk.

Cairan Hangat

Konsumsi cairan sering diremehkan sebagai salah satu cara mengatasi batuk kering. Cairan yang hangat atau yang bersuhu ruangan dapat membantu mengurangi batuk. Air hangat, kuah bening, teh, dan kopi yang rendah kafein merupakan beberapa contohnya.

Kunyit

Serupa jahe, kunyit mengandung antibakteri dan antiradang yang dapat dijadikan cara mengatasi batuk kering.

Seseorang dapat mencampurkan bubuk kunyit ke dalam empat cangkir air dan rebuslah sampai mendidih. Selain itu, dapat menambahkan madu sebagai penambah cita rasa.

Sudah pernah mencoba cara-cara tadi, semoga batuk kering yang diderita segera reda. Bila batuk kering tidak kunjung sembuh menggunakan cara mengatasi batuk kering di atas, segera berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Flu Babi Jenis Baru G4 Muncul di Tiongkok, Diduga Bisa Jadi Pandemi

Chicken Rice Teriyaki, Kolonialisasi Zaman Now Jepang Lewat Kuliner

Unik, Asal Usul Kue Ini Masih Diklaim Dua Daerah di Indonesia

WHO Laporkan Rekor Kenaikan Kasus Corona Tertinggi dalam Sehari

Sadis, Ada Paru Bengis dan Empal Jahanam di Resto Kupang Ini

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar