Terapkan Physical Distancing, McDonalds Tutup Sementara Layanan Makan di Tempat

Terkini.id, Kupang – Restoran waralaba cepat saji asal Amerika Serikat (AS), McDonalds, akan menutup sementara seluruh gerainya di Indonesia selama dua pekan. Penutupan itu dilakukan mulai Rabu 1 April 2020 mendatang.

Dalam website resminya, Mc Donalds mengumumkan penutupan berlaku untuk layanan makan di tempat (dine-in).

“Ini sejalan langkah Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, mulai 1 April 2020, kami akan menutup sementara layanan makan di tempat (dine-in) selama dua pekan,” demikian tulis pengelola McDonalds.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia Dikebut Jelang Nataru, Upaya Tekan Lonjakan Corona Pasca...

Kendati demikian, pengelola McDonalds mengatakan masih melayani pelayanan yang dapat dibawa pulang, baik take away maupun drive thru.

Pengelola juga menginformasikan, layanan McDelivery tetap berjalan dengan meniadakan kontak langsung antara pengantar dengan pelanggan.

Baca Juga: Kabar Baik, Tak Ada Lagi Wilayah Zona Merah Kasus Corona...

McDonalds juga memberikan pesan kepada para pelanggan setianya untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi novel coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang sudah mewabah di Indonesia.

“Jaga keamanan, jaga kesehatan, mari di rumah saja, bersama kalahkan Covid-19,” demikian motivasi yang ditulis pengelola.

Sebelumnya, McDonalds sudah terlebih dulu menutup gerainya yang berada di kawasan rekreasi Pantai Ancol dan Dufan Jakarta Utara selama 16 hari. Pengelola menutup dua gerai tersebut sejak Sabtu 14 Maret 2020 hingga Minggu 29 Maret 2020.

Baca Juga: Begini Cara Jaga Nutrisi Bayi-Batita dalam Masa Pandemi Covid-19

Penghentian operasionalisasi gerai itu menyusul penutupan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol dan Dufan pada hari yang sama, Sabtu 14 Maret 2020 hingga Jumat 27 Maret 2020.

Penutupan mengacu pada instruksi Gubernur DKI Jakata Anies Baswedan dengan Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Covid-19.

Pemberitahuan dari pengelola tersebut, juga diumumkan melalui akun media sosial terverifikasi Twitter @McDonalds_ID dan Instagram @mcdonaldsid.

Sebelumnya, McDonalds Corp (MCD.N) yang membawahi rantai waralaba dunia, mengumumkan pada Rabu 25 Maret 2020, untuk sementara waktu menghapus beberapa item menu mereka untuk pasar AS. Hal tersebut diambil guna menyederhanakan operasional perusahaan dalam menghadapi pandemi virus corona yang menyebar sangat cepat.

Gerai-gerai McDonalds di AS, terpaksa menutup pintu-pintu oulet bagi pelanggan dine-in mereka. Selain menutup layanan dine-in, pengelola membatasi layanan pengiriman dan pengambilan agar karyawan tidak terjebak dalam arus lalu-lintas yang rentan terkontaminasi penularan.

“Untuk menyederhanakan operasional di dapur dan demi keselamatan serta kesehatan karyawan, maka kami menempuh langkah pemangkasan menu. Sehingga, hanya fokus melayani menu pilihan favorit pelanggan. Jadi, untuk sementara kami meniadakan ragam menu hingga beberapa minggu ke depan,” terang Senior Vice President of Operations McDonald, Bill Garrett.

Secara umum, McDonald’s Corp selaku rantai pemasaran burger terbesar di dunia tersebut juga telah mempertimbangkan relaksasi bagi terwalaba dengan cara menunda biaya sewa kemitraan, sekaligus untuk sementara menghentikan penawaran bagi mitra baru.

Sekadar diketahui, industri restoran di AS cenderung menjadi salah satu sektor yang paling terpukul lantaran pandemi virus corona. Pasalnya, pelanggan yang khawatir terjangkit lebih memilih memasak di rumah ketimbang makan di luar rumah.

Selain itu, otoritas Pemerintah di negara-negara bagian AS, memaksa restoran untuk menutup ruang makan dan beralih ke drive-thru, pengiriman, dan take-out saja.

Bagikan