Kupang Masih Diguyur Hujan, Waspada Angin Kencang

Terkini.id, Kupang – Cuaca kurang kondusif masih akan terjadi di Kota Kupang dan sekitarnya. Bahkan, cuaca diprediksi akan semakin buruk dan berpotensi hujan lebat di akhir pekan kedua Maret 2020.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nusa Tenggara Timur (NTT) menginformasikan terkait sejumlah wilayah di NTT berpotensi dilanda hujan, petir, dan angin kencang hari ini, Sabtu 7 Maret 2020.

Situs resmi BMKG melalui bmkg.go.id. melansir, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer saat ini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif, sehingga berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia, khususnya di NTT termasuk Kota Kupang.

Baca Juga: Gubernur NTT: Organisasi Profesi-Parpol Harus Terlibat Percepatan Vaksinasi

Adapun daerah lain di NTT yang dimaksud di antaranya Kota Kupang dan Kabupaten Malaka, Sumba Timur, Manggarai, dan Nagekeo.

Sementara itu, sejumlah wilayah Indonesia juga mulai dilanda hujan lebat hingga petir dan angin kencang. Bahkan, beberapa wilayah lain masih berpotensi gelombang tinggi dan cuaca ekstrem.

Baca Juga: Ini Peran Kesbangpol dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 di NTT

Wilayah berpotensi hujan sedang hingga lebat di antaranya Bali, Kalimantan Timur, Batu Ampar, Samarinda, Tenggarong, Muara Badak, Muara Jawa, Muara Muntai, Tabang, Muara Ancalong, Loa Janan Ilir, dan Laham.

Selain itu di Maluku Utara di antaranya Halmahera Timur, Kepulauan Sula, dan Taliabu.

Prediksi wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang, untuk wilayah DKI Jakarta di antaranya Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

Baca Juga: Kabar Baik, 37.430 Warga TTU Telah Divaksin Termasuk Booster untuk...

Sementara untuk Jambi di antaranya Muaro Jambi, Batanghari, Bungo, Sarolangun, dan Kota Sungai Penuh.

Jawa Barat di antaranya Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Purwakarta, Karawang, Subang, dan Cianjur.

Di Jawa Timur di antaranya Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Magetan, Blitar, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Tulungagung, Sampang, Pamekasan, Tulungagung, Lumajang, Jember, dan Kediri.

Daerah-daerah di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Riau, Sumatera Selatan, dan Batam juga diprediksi dilanda guyuran hujan lebat dan gelombang tinggi di daerah perairan.

Bagikan